Jumat, 20 Mei 2011

Definisi Berita

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

be·ri·ta n 1 cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yg hangat; kabar: semalam dia mendengar -- bahwa kampungnya dilanda banjir; 2 laporan: ia bertugas membuat -- harian; 3 pemberitahuan; pengumuman: -- redaksi;
-- acara catatan laporan yg dibuat (oleh polisi) mengenai waktu terjadi, tempat, keterangan, dan petunjuk lain tt suatu perkara atau peristiwa

 

Ada pula pendapat bahwa berita itu merupakan singktan dari NEWS

 

North   : Utara

East     : Timur

West    : Barat

South   : Selatan

 

Dari singkatan tersebut dapat diartikan bahwa berita adalah segala sesuatu yang terjadi di utara, timur, barat, dan selatan yang mampu menarik perhatian khalayak.

 

 

Berikut ini merupakan definisi berita menurut para ahli :

 

Paul De Massener, Here’s The News: Unesco Associate

News atau berita adalah sebuah informasi yang penting dan menarik perhatian serta minat khalayak pendengar.

 

Charnley dan James M. Neal

Berita adalah laporan tentang suatu peristiwa, opini kecenderungan, situasi, kondisi, interpretasi yang penting, menarik, masih baru dan harus secepatnya disampaikan kepada khalayak. 

 

Doug Newsom dan James A. Wollert (Media Writing: News for the Mass Media [1985: 11])

Berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui oleh orang atau lebih luas lagi oleh masayarakat. Dengan melaporkan berita, media massa memberikan informasi kepda masyarakat mengenai apa yang mereka butuhkan.

 

Dean M. Lyle Spencer (News Writing)

Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar yang dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

 

Michael V. Charnley (Reporting)

News is anything timely that interest a number of person.(Berita adalah laporan penting tercepat mengenai fakta dan opini yang menarik atau penting, atau kedua-duanya, bagi sejumlah penduduk.)

Williard C. Bleyer (Newspaper Writing and Editing)

Berita adalah sesuatu yang termasa yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar, karena dia menarik minat atau mempunyai makna bagi pembaca surat kabar, atau karena dia dapat menarik para pembaca untuk membaca berita tersebut.

 

William S. Maulsby (Getting the News)

Berita bisa didefinisikan sebagai suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta-fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian para pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.

 

Dja’far H. Assegaff

Dalam Definisi jurnalistik, berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termassa, yang dipilih oleh staf redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca, entah karena dia luar biasa, entah karena peting atau akibatnya, entah pula karena dia mencakup segi-segi human interest seperti humor, emosi, dan ketegangan.

 

AS Haris Sumadiria

Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar , radio, televisi, atau media on line internet.

 

Chilton R Rush

News is usually stimulating information, from which the ordinary human being drives satisfaction or stimulation.

 

Erick C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

 

Dean M. Lyle Spencer (News Writing)

Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar yang dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

 

Amak Syariffudin

Berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik mass media.

 

J.B Wahyudi

Berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, serta masih baru dan dipublikasikan secara luas melalui media massa periodik. Peristiwa atau pendapat tidak akan jadi berita jika tidak dipublikasikan melaluli media massa periodik.

 

Freda Morria

“ News is immediate, the important, the things that have impact on our lives” (berita adalah sesuatu yang baru, penting uang dapat memberikan dampak dalam kehidupan manusia.)

Curtis Beckmann, Post President RTNDA

News is the report of opinion or event that is significant to a great number of people. The great news story is that report of opinion or event that id of the greatest significance to the greatest number of people. (Berita diartikan sebagai laporan atas opini atau peristiwa yang penting bagi sejumlah besar khalayak). 



1 komentar:

  1. Sangat berguna buat referensi gan. Kebetulan blog ku juga ada artikel mengenai pengertian berita menurut ahli gan. Monggo dikunjungi ya.

    http://pengertian156.blogspot.com/2018/06/pengertian-berita-menurut-ahli-lengkap.html

    BalasHapus